Pengantar Teknologi Internet dan New Media (Instagram VS Path)

1.     TEORI



         Secara sadar atau tidak sadar dalam keseharian kita pasti selalu berhubungan dengan yang namanya Internet. Hampir semua perangkat elektronik saat ini menggunakan manfaat internet dalam pengoprasiannya. Mulai dari gadget yang tak lepas dari tangan kita tiap harinya, komputer/laptop, televisi, radio streaming dan lain sebagainya. Namun tahukah anda pengertian internet itu sendiri? Internet adalah singkatan dari kata Interconnection Networking, yang berarti seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.


           Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu  TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua koneksi bekerja dengan benar, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur, dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
           Dalam artian luas New Media merupakan istilah yang digunakan untuk mencakup kemunculan era digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas. Sebagian besar, teknologi new media mencakup beberapa bagian antara lain adalah teks, gambar, audio, video, dan animasi serta Social Media yang sedang marak saat ini. Dengan banyaknya Social Media di dunia saat ini atau yang sering kita sebut dengan ‘Dunia Maya’ banyak informasi yang kita dapat. Mulai dari berita terbaru yang ada di kalangan masyarakat saat ini, mencari teman baru ataupun teman lama. Bahkan yang baru-baru ini sedang booming di tengah masyarakat adalah adanya fasilitas Online Shop yang memudahkan kita untuk membeli barang dengan mudah tanpa harus mendatangi tempat si penjual itu berjualan. Hanya tinggal chat dan transfer uang sekarang kita sudah bisa mendapatkan barang yang kita inginkan.

 2.  KASUS

      - Banyaknya Media Sosial yang bermunculan saat ini.
      - Banyaknya Media Sosial yang berbasis Foto atau gambar.
      - Maraknya penggunaan Media Sosial sebagai tempat untuk berjual beli.

 3. ANALISA

            Pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit membahas tentang media sosial yang sedang marak digunakan anak muda pada Jaman sekarang ini. Bahkan agak kurang sreg rasanya jika tidak mempunyai akun dari media sosial ini. Tidak hanya anak muda saja yang mempunyai ini namun Ibu Negara kita pun mempunya akun resmi dari media sosial ini. Yap tentu saja Instagram dan Path.
      Kedua media sosial ini merupakan beberapa media sosial yang paling banyak penggunanya pada jaman ini selain media-media sosial lainnya. Salah satu penyebab kedua media sosial ini digunakan oleh banyak orang adalah karena keduanya merupakan media sosial yang berbasis dengan postingsn foto ataupun gambar. Dimana saja, kapan saja saat kita melihat sesuatu yang unik, kita bisa memfotonya lalu bisa langsung kita posting di media sosial tersebut.

         
Pertama saya akan membahas tentang Instagram. Instagram merupakan aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Salah satu fitur yang unik dari Instagram yaitu memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak. Bahkan baru-baru ini Instagram mengeluarkan fitur baru agar para pengguna dapat mengupload video dengan durasi 15 detik. Instagram dapat digunakan segala jenis smartphone yang berbasis iOS, Android, dan Windows Phone. Aplikasi ini dapat di download secara gratis di App Store untuk pengguna iOS dan di Google Play untuk pengguna Android dan Windows Phone.

   
   Lalu yang kedua adalah Path. Path merupakan aplikasi jejaring sosial dalam smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar, dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Awalnya Path hanya tersedia pada smartphone yang berbasis iOS saja.
      Namun seiring berjalannya waktu sekarang Path sudah ada di seluruh smartphone yang berbasis Android. Bahkan berita yang saat ini berhembus, Path juga akan tersedia pada smartphone dengan basis Windows. Kelebihan dari media sosial ini adalah kita dapat men-share sedang dimana kita sekarang, dan dengan siapa kita sekarang dengan mengupdate di dalam menu Moment. Penggunaan Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di mana hanya pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path seseorang. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif dari berbagai jejaring sosial yang ada. Di dalam media sosia ini kita juga dapat mengupload video dengan durasi yang cukup lama, namun sayangnya fitur ini hanya dapat dilakukan pada smartphone yang berbasis iOS. Di dalam media sosial ini juga terdapat fitur ‘Awake and Sleep’. Yang berguna untuk meberitahu pengguna lain apakah si user ini sudah tidur atau belum dengan menekan tombol sleep dan apakah si user sudah bangun atau belum dengan menekan tombol awake. Fitur ini juga berguna menghitung berapa lama kita tidur tadi. Fitur ini bisa digunakan di segala jenis platform. Pada Media sosial ini terdapat pembatasan jumlah teman, yaitu hanya diberikan 150 interaksi saja, beda dengan instagram yang tidak ada pembatasan interaksi.

     So, media sosial mana yang lebih cocok dengan Anda? Instagram atau Path? Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda hanya ingin mengupload gambar dan video saja dan jika Anda menyukai privasi anda terjaga, Anda bisa menggunakan Instagram, namun apabila Anda ingin men-share segala kegiatan Anda mulai dari gambar, video sampai dengan lokasi, Anda dapat menggunakan Path. Namun ingat fitur video di Path hanya bisa digunakan oleh user yang menggunakan iOS bukan Android.

4. KESIMPULAN

     Banyak keuntungan yang bisa kita dapat dari kedua aplikasi tersebut. Baik Path maupun Instagram merupakan Media Sosial yang berbasis Gambar. Kedua Media sosial tersebut merupakan contoh dari beberapa media sosial yang digunakan untuk menjalankan bisnis Online Shop. Dan gunakan kedua Media Sosial itu sesuai kebutuhannya, dan gunakan dengan positif. Jauhi kebiasaan membajak di Media Sosial karena itu dapat merugikan User yang Anda bajak.

5. SUMBER



No comments:

Post a Comment