WEB SCIENCE

Pengertian Web Science


Web Sciense merupakan ilmu yang mempelajari mengenai efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web agar dapat dirasakan manfaat serta keguanaannya pada banyak bidang di dalam kegidupan sehari-hari. Di dalam Web Science ini kita belajar mengenai pemanfaatan sumber daya virtual sebagai media komunikasi yang sangat praktis. Dengan tampilan web yang sangat menarik akan membuat banyak orang ingin membaca atauu membuka web tersebut. Pemanfaatan ini juga banyak dilakukan untuk bisnis atau yang sering kita sebut "Online Shop".


Sejarah Web Science

Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Pada awalnya Web Science ini merupakan hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton. Ambisinya adalah untuk mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web (WWW).

Aktifitas WSRI berfokus pada artikulasi agenda penelitian untuk komintas scientific, mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science, dan mengikat pemikiran tentang kepemimpinan pada sektor yang berkembang ini.

Sejarah Web



Situs web ditemukan oleh Sir Timothy John 'Tim' Berners-Lee. Situs Web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Tujuan awal dari perencangan situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama penelitir di tempat Tim bekerja. Pada 30 April 1993, CERN (tempat Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Sebuah situs web dapat berupa hasil kerja individu, organisasi, atau perusahaan. Biasanya pembahasan dalam situs web merujuk kepada sebuah atau bahkan beberapa topik khusus atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web berisi pranala yang menguhubungkan ke situs web lain.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web/ Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah serta mengenai layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai server HTTP seperti Apache HTTP Server atau Internet Information Services (IIS).

Teknologi Terkini

Perubahan teknologi sejak dulu sampai sekarang sangatlah kencangng. Dari yang awalnya kita menggunakan telepon rumah sampai dengan sekarang kita menggunakan telepon genggam. Kemudian dari yang awalnya kita  menggunakan komputer desktop hingga sekarang menggunakan laptop. Dan tanpa disangka ternyata sekarang sudah banyak sekali gadget-gadget yang berbasis teknologi kompuer seperti tablet dan handphone-handphone touch screen.
Pada zaman sekarang ini kita dapat dengan mudahnya mengakses internet darimana pun. Berbeda dengan zaman dahlu yang mengharuskan kita untuk pergi ke 'warnet'. Pada zaman sekarang kita tidak perlu lagi pergi ke 'warnet' untuk mengakses internet, kita dapat menggunakan modem kecil untuk mengakses internet, atau bahkan kita dapat menggunakan wi-fi yang sudah banyak tersebar di lingkungan luas. Wi-Fi dapat ditemukan kampus, kantor, rumah, ataupun taman. Dengan begitu kita dapat mengakses internet dengan mudah dan memperbarui informasi serta berbagai informasi dengan mudah darimana saja, menggunakan apa saja, dan kapan saja.
Teknologi yang muncul saat ini bukan hanya muncul dari bidang internet ataupun gadget saja, tetapi dari bidang rumah tangga, kesehatan, militer, dll. Dalam dunia kesehatan misalnya, kita dapat melihat perkembangan teknologi di dunia kesehatan sekarang sangatlah pesat. Sekarang ini sedang dimanfaatkan teknologi robot untuk membantu operasi dan perawatan pasien di rumah sakit. Hal ini dapat sangat membantu dokter untuk melakukab operasi pada bagian yang sulit dilihat.
Kemudian pada bidang Militer, kita dapat melihat sekarang banyak penggunaan pesawat-pesawat tanpa awak oleh berbagai Negara. Hal tersebut berarti kita tidak perlu untuk mengendarai pesawat lagi untuk
melihat dan masuk ke daerah yang sangat berbahaya. Karen pada pesawat tanpa awak sudah terpasang kamera untuk melihat situasi di daerah tersebut. Contoh kecilnya adalah untuk melakukan pencarian pesawat jatuh atau bencana alam.

Pengaruh Teknologi Terhadap Lingkungan

Teknologi saat ini banyak berpengaruh terhadap berbagai lingkungan, terutama pada lingkungan ekonomi dan sosial. Banyak hal positif dan negatif dari teknologi saat ini.

Pada lingkungan ekonomi hal positif yang dapat kita lihat adalah pada bidang penjualan online. Penjualan online dapat memudahkan kita untuk mencari dan menjual berbagai barang. Namun penjualan online juga mempunyai sisi negatif, yaitu penjualan barang-barang ilegal juga terjadi dengan mudahnya di internet, bahkan akhir-akhir ini sedang marak penjualan manusia melalui media internet.

Kemudian pada lingkungan sosial hal positif yang dapat kita lihat adalah kita dapat berinteraksi dengan orang-orang diberbagai penjuru dunia. Salah satu contohnya adalah Facebook. Siapa sih yang tidak mengenal Facebook? Siapa sih yang tidak menggunakan Facebook? Banyak juga

orang tua yang menggunakan Facebook untuk mengamati kegiatan anaknya di luar rumah. Dengan Facebook kita juga dapat berinteraksi dengan orang banyak, dari dalam maupun luar negeri. Namun hal tersebut akibatnya terdapat kecanggungan dalam bertemu dengan seseorang. Hal tersebut terjadi karena kita terlalu sering menggunakan media sosial (Dunia Maya) untuk melakukan interaksi. Dapat kita lihat juga anak-anak kecil zaman sekarang banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah dengan bermain iPad, komputer, dan berbagai gadget yang merak miliki, sehingga tidak terdapat interaksi langsung dengan teman-teman seusianya. Interaksi langsung yang mereka lakukan hanya berasal dari lingkungan sekolah, dengan teman-teman sekolah dan dengan gurunya. Berbeda dengan anak-anak zaman dahulu yang bermain di luar rumah dengan berbagai mainan tradisional yang otomatis membuat kita berinteraksi langsung dengan prang banyak.


No comments:

Post a Comment