Desain Pemodelan Grafik : Animasi

Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah manusia, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.




Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengan diintergrasikan ke media lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendiri animasi cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang secara langsung sulit dihadirkan di kelas atau disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses bekerjanya mesin mobil atau proses terjadinya tsunami.
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
  1. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
  2. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.


Prinsip Dasar Animasi
Animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.
Sejarah animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan  ”gerak” dari binatang-binatang. Pada 4000 tahun yang lalu bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding.
Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose.
Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola.

Jenis-Jenis Animasi
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: 
1.     Stop-motion animation
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan .Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan  dan memerlukan kesabaran yang tinggi.
Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick Parks,  merupakan  salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah Celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia.

2.     Animasi Tradisional (Traditional animation)
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel.
Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dewasa ini teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi.

3.     Animasi Komputer
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan  “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya tsunami.

English Version

Animation is derived from the Latin is "anima" which means the soul, life, spirit. While the characters are human, animal or other tangible object that is contained in the form of 2D and 3D images. so that the animated character can be defined as an object that contains the images as alive, caused by a collection of images that change irregularly and alternately displayed. Objects in the image can be text, shapes, colors and special effects.
Animation is one of the moving visual form that can be used to explain a difficult subject matter delivered conventionally. With integrated in to other media such as videos, presentations, or as a separate animated teaching materials suited to explain the lesson materials that directly difficult presented in class or delivered in the form of a book. As an example of the operation of the ignition process or the tsunami.
In outline, computer animation is divided into two categories, namely:

  1. Computer Assisted Animation, animation in this category usually refers to the system of two-dimensional animation, which is to computerize the process of traditional animation that uses the image of a hand. Computer used for staining, the virtual camera application and structuring of the data used in an animation.
  2. Computer Generated Animation, in this category usually used for three-dimensional animation with 3D programs like 3D Studio Max, Maya, AutoCAD etc.

Basic Principles of Animation
Animations can be interpreted as a move something (pictures or objects) are silent.
History of animation starts from ancient times, with the discovery of the paintings on cave walls in Spain that depicts "motion" of animals. In 4000 years ago the Egyptians also tried to revive an event with the pictures on the wall are made sequentially.
Since realize that the image can be used as an alternative medium of communication, the desire turn symbols into a mirror of cultural expression. Proved by the discovery of various artefacts in Ancient Egyptian civilization in 2000 BC. One of them is a few panels that describe the action of two wrestlers in various poses.
Animation alone will never develop without the discovery of the basic principles of the character of the human eye, namely: persistance of vision (visual pattern regularly). Paul Roget, Joseph Plateau and Pierre Desvigenes, through optical equipment that they created, managed to prove that the human eye tends to capture a sequence of images at a certain time frame as a pattern.

Types of Animation
Judging from the animation of techniques available today can be categorized into three, namely:
1.     Stop-motion animation
Stop-motion animation sometimes called claymation because in its development, this kind of animation often uses clay (clay) as the object is moved .Tehnik stop-motion animation is generated animation of an object image penggambilan (stuffed or otherwise) that is driven step by step. In the process of this technique has a level of difficulty and requires patience.
Wallace and Gromit and Chicken Run, the work of Nick Parks, is one example of the work of stop motion animation. Another example is the Celebrity Deadmatch on MTV that presents the scene of fighting between the celebrity world.

2.     Traditional Animation
Traditional animation is an animation technique that is most commonly known to date. Named because the traditional animation techniques were used during the animation was first developed. Traditional animation cel animation is also often referred to as engineering process is done in a transparent celluloid that glance very similar to the OHP transparencies that we often use. In the manufacture of traditional animation, each stage of the movement drawn one by one on top of the cel.
With the development of computer technology, the manufacture of traditional animation has been done by using a computer. Today the technique of making traditional animation created using computer animation, better known as 2D.

3.     Computer Animation
As the name implies, this overall animation is done by using a computer. From character creation, set the move "player" and a camera, voting, and effeknya special everything was done with a computer.
With computer animation, things may not initially described by the animation becomes possible and easier. For example, traveling spacecraft to a planet can be described clearly, or the tsunami. 

Sumber (Source) : 

No comments:

Post a Comment