Animasi sendiri berasal
dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan
karakter adalah manusia, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam
bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi dapat diartikan sebagai
gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan
gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar
bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
Animasi merupakan salah
satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi
pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengan diintergrasikan ke
media lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendiri animasi
cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang secara langsung sulit
dihadirkan di kelas atau disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses
bekerjanya mesin mobil atau proses terjadinya tsunami.
Secara garis besar,
animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
- Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
- Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
Prinsip
Dasar Animasi
Animasi dapat diartikan
sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.
Sejarah animasi dimulai
dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di
Spanyol yang menggambarkan ”gerak” dari binatang-binatang. Pada 4000
tahun yang lalu bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan
gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding.
Sejak menyadari bahwa
gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan
menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan.
Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000
sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua
pegulat dalam berbagai pose.
Animasi sendiri tidak
akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata
manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur).
Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang
mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap
urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola.
Jenis-Jenis
Animasi
Dilihat dari tehnik
pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:
1.
Stop-motion
animation
Stop-motion animation sering pula
disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini
sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan
.Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari
penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan
setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat
kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.
Wallace and Gromit dan Chicken
Run , karya Nick Parks, merupakan salah satu contoh
karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah Celebrity
Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai
selebriti dunia.
2.
Animasi
Tradisional (Traditional animation)
Tradisional animasi adalah tehnik
animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena
tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali
dikembangkan. Tradisional animasi juga sering disebut cel animation karena
tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang
sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Pada
pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di
atas cel.
Dengan berkembangnya teknologi komputer,
pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan dengan menggunakan
komputer. Dewasa ini teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat
dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi.
3.
Animasi
Komputer
Sesuai dengan namanya, animasi ini
secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan
karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara,
serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak
mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai
contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara
jelas, atau proses terjadinya tsunami.
English
Version
Animation is derived
from the Latin is "anima" which means the soul, life, spirit. While
the characters are human, animal or other tangible object that is contained in
the form of 2D and 3D images. so that the animated character can be defined as
an object that contains the images as alive, caused by a collection of images
that change irregularly and alternately displayed. Objects in the image can be
text, shapes, colors and special effects.
Animation is one of the
moving visual form that can be used to explain a difficult subject matter
delivered conventionally. With integrated in to other media such as videos,
presentations, or as a separate animated teaching materials suited to explain
the lesson materials that directly difficult presented in class or delivered in
the form of a book. As an example of the operation of the ignition process or
the tsunami.
In outline, computer
animation is divided into two categories, namely:
- Computer Assisted Animation, animation in this category usually refers to the system of two-dimensional animation, which is to computerize the process of traditional animation that uses the image of a hand. Computer used for staining, the virtual camera application and structuring of the data used in an animation.
- Computer Generated Animation, in this category usually used for three-dimensional animation with 3D programs like 3D Studio Max, Maya, AutoCAD etc.
Basic
Principles of Animation
Animations can be
interpreted as a move something (pictures or objects) are silent.
History of animation
starts from ancient times, with the discovery of the paintings on cave walls in
Spain that depicts "motion" of animals. In 4000 years ago the
Egyptians also tried to revive an event with the pictures on the wall are made
sequentially.
Since realize that the
image can be used as an alternative medium of communication, the desire turn
symbols into a mirror of cultural expression. Proved by the discovery of
various artefacts in Ancient Egyptian civilization in 2000 BC. One of them is a
few panels that describe the action of two wrestlers in various poses.
Animation alone will
never develop without the discovery of the basic principles of the character of
the human eye, namely: persistance of vision (visual pattern regularly). Paul
Roget, Joseph Plateau and Pierre Desvigenes, through optical equipment that
they created, managed to prove that the human eye tends to capture a sequence
of images at a certain time frame as a pattern.
Types
of Animation
Judging from the
animation of techniques available today can be categorized into three, namely:
1. Stop-motion animation
Stop-motion
animation sometimes called claymation because in its development, this kind of
animation often uses clay (clay) as the object is moved .Tehnik stop-motion
animation is generated animation of an object image penggambilan (stuffed or
otherwise) that is driven step by step. In the process of this technique has a
level of difficulty and requires patience.
Wallace
and Gromit and Chicken Run, the work of Nick Parks, is one example of the work
of stop motion animation. Another example is the Celebrity Deadmatch on MTV
that presents the scene of fighting between the celebrity world.
2. Traditional Animation
Traditional
animation is an animation technique that is most commonly known to date. Named
because the traditional animation techniques were used during the animation was
first developed. Traditional animation cel animation is also often referred to
as engineering process is done in a transparent celluloid that glance very
similar to the OHP transparencies that we often use. In the manufacture of
traditional animation, each stage of the movement drawn one by one on top of
the cel.
With
the development of computer technology, the manufacture of traditional
animation has been done by using a computer. Today the technique of making
traditional animation created using computer animation, better known as 2D.
3. Computer Animation
As
the name implies, this overall animation is done by using a computer. From
character creation, set the move "player" and a camera, voting, and
effeknya special everything was done with a computer.
With
computer animation, things may not initially described by the animation becomes
possible and easier. For example, traveling spacecraft to a planet can be
described clearly, or the tsunami.
Sumber (Source) :
No comments:
Post a Comment