Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan
proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data
yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan
dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output
(tampilan akhir pada model dan animasi).
Rendering tidak hanya digunakan pada game
programming, tetapi juga digunakan pada banyak bidang, misalnya arsitektur,
simulator, movie, spesial effect pada tayangan televisi, dan design
visualization. Rendering pada bidang-bidang tersebut memiliki perbedaan,
terutama pada fitur dan teknik renderingnya. Terkadang rendering juga
diintegrasikan dengan model yang lebih besar seperti paket animasi, tetapi
terkadang berdiri sendiri dan juga bisa free open-source product.
Metode
Rendering
1.
Ray
Tracing Rendering
Ray tracing sebagai sebuah
metode rendering pertama kali digunakan pada tahun 1980 untuk pembuatan
gambar tiga dimensi. Ide dari metode rendering ini sendiri berasal dari
percobaan Rene Descartes, di mana ia menunjukkan pembentukan
pelangi dengan menggunakan bola kaca berisi air dan
kemudian merunut kembali arah datangnya cahaya dengan
memanfaatkan teori pemantulan dan pembiasan cahaya yang telah
ada saat itu.
Metode rendering ini
diyakini sebagai salah satu metode yang menghasilkan
gambar bersifat paling fotorealistik. Konsep dasar dari
metode ini adalah merunut proses yang dialami
oleh sebuah cahaya dalam perjalanannya dari
sumber cahaya hingga layar dan memperkirakan
warna macam apa yang ditampilkan pada pixel
tempat jatuhnya cahaya. Proses tersebut akan
diulang hingga seluruh pixel yang dibutuhkan terbentuk.
2.
Wireframe
rendering
Wireframe yaitu Objek 3D
dideskripsikan sebagai objek tanpa permukaan. Pada wireframe rendering, sebuah
objek dibentuk hanya terlihat garis-garis yang menggambarkan sisi-sisi edges
dari sebuah objek. Metode ini dapat dilakukan oleh sebuah komputer dengan
sangat cepat, hanya kelemahannya adalah tidak adanya permukaan, sehingga sebuah
objek terlihat tranparent. Sehingga sering terjadi kesalahpahaman antara siss
depan dan sisi belakang dari sebuah objek.
3.
Hidden
Line Rendering
Metode ini menggunakan fakta bahwa
dalam sebuah objek, terdapat permukaan yang tidak terlihat atau permukaan yang
tertutup oleh permukaan lainnya. Dengan metode ini, sebuah objek masih
direpresentasikan dengan garis-garis yang mewakili sisi dari objek, tapi
beberapa garis tidak terlihat karena adanya permukaan yang menghalanginya.
Metode ini lebih lambat dari dari
wireframe rendering, tapi masih dikatakan relatif cepat. Kelemahan metode ini
adalah tidak terlihatnya karakteristik permukaan dari objek tersebut, seperti
warna, kilauan (shininess), tekstur, pencahayaan, dll.
4. Shaded Rendering
Pada metode ini, komputer
diharuskan untuk melakukan berbagai perhitungan baik pencahayaan, karakteristik
permukaan, shadow casting, dll. Metode ini menghasilkan citra yang sangat
realistik, tetapi kelemahannya adalah lama waktu rendering yang dibutuhkan.
Contoh nyata dari rendering adalah
dengan menggunakan software Blender, Vray (3DS Max) dan OpenGL. Satu trik
khusus membuat kita dapat me-render seluruh film yang tengah kita buat dengan
sangat cepat, yaitu render pranala. Bayangkan kita dapat segera menyaksikan
karya kita, memeriksa kualitas animasi dan narasinya, tanpa perlu menunggu
proses render yang terlalu lama. Render pranala memanfaatkan pustaka OpenGL
yang menggambar seluruh antarmuka Blender termasuk viewport 3D ke layar,
sehingga meski ia mengorbankan kualitas visual, jenis render ini dapat
dilakukan dengan sangat cepat.
Contoh rendering dengan menggunakan
OpenGL adalah render pranala. Render ini tidak dapat langsung dilakukan melalui
baris perintah. Blender harus terlebih dahulu memiliki “kanvas” OpenGL, yang
artinya proses render harus dimulai saat antarmuka grafis tersedia. Eksekusi
perintah render dilakukan dengan injeksi perintah Python, dengan satu-satunya
perbedaan adalah fungsi yang dipanggil. Bila render normal dipanggil dengan
fungsi bpy.ops.render.render(animation=True), maka render OpenGL dipanggil
dengan fungsi:
bpy.ops.render.opengl(animation=True,
view_context=False)
Untuk merender dengan menggunakan Vray (3DS Max),
proses rendering dibagi ke dalam 3 tahapan, yaitu pertama untuk proses rendering RGBA (Red Green Blue Alpha) image,
kedua untuk rendering Ambience Occlusion,
dan ketiga untuk rendering Shadow.
Vray sampai saat ini telah mengeluarkan versi Cinema 4D.
English Version
Rendering is the last process of the whole process
of modeling or computer animation. In rendering, all the data that is already
included in the process of modeling, animation, texturing, lighting with
certain parameters to be translated into a form of output (final look at the
model and animation).
Rendering is not only used in game programming, but
also used in many fields, such as architecture, simulators, movies, special
effects in television, and design visualization. Rendering in these areas have
differences, especially on the features and rendering techniques. Sometimes
rendering is also integrated with the larger models such as animation package,
but sometimes stand-alone and can also free open-source product.
Rendering
methods
1.
Ray
Tracing Rendering
Ray tracing is a rendering method
was first used in 1980 for the manufacture of three-dimensional images. The
idea of this rendering method is derived from experiments Rene Descartes, in
which he showed the formation of a rainbow by using a glass ball filled with
water and then trace back direction of the light by utilizing the theory of
reflection and refraction of light that has been there at that time.
This rendering method is believed
to be one of the methods that produce photorealistic images are the most. The
basic concept of this method is to trace the process experienced by a light on
the way from the light source to the screen and estimate what kind of colors
displayed on the pixel where the fall of light. The process will be repeated
until all pixels are needed to form.
2.
Wireframe
rendering
3D wireframe object is described as
an object without surface. In wireframe rendering, an object formed only
visible lines depicting the sides edges of an object. This method can be
performed by a computer with a very fast, only drawback is the absence of the
surface, so that an object looks tranparent. So frequent misunderstandings
between Siss front and back side of an object.
3.
Hidden
Line Rendering
This method uses the fact that in
an object, there is no visible surface or a surface that is covered by the
other surface. With this method, an object is represented by lines representing
the side of the object, but some lines are not visible because of the surface
that prevented it.
This method is slower than from
wireframe rendering, but still said to be relatively fast. The weakness of this
method is the apparent absence of the object surface characteristics, such as
color, luster (shininess), textures, lighting, etc.
4.
Shaded
Rendering
In this method, the computer
calculations required to perform a variety of good lighting, surface
characteristics, shadow casting, etc. This method produces highly realistic
images, but the drawback is that it takes a long time rendering.
A concrete example of the rendering
is using software Blender, Vray (3DS Max) and OpenGL. One particular trick
allows us to render the entire movie that we are made very quickly, which is
rendering the link. Imagine we could soon see our work, check the quality of
the animation and narration, without the need to wait too long rendering
process. Render links utilizing OpenGL libraries that draw the entire interface
of Blender including 3D viewport to the screen, so even though he sacrificed
visual quality, rendering this kind can be done very quickly.
Example rendering using OpenGL is
rendering the link. This rendering can not directly be done via the command
line. Blender must first have a "canvas" OpenGL, which means that the
process should begin when rendering graphical interface available. Rendering
command execution is done with Python command injection, with the only
difference is the function that is called. When invoked with the function of
normal rendering bpy.ops.render.render (animation = True), the OpenGL rendering
invoked by function:
bpy.ops.render.opengl (animation =
True, view_context = False)
To render using Vray (3DS Max), the rendering
process is divided into three stages, namely the first to rendering RGBA (Red
Green Blue Alpha) image, both for rendering Ambience Occlusion, and the third
for rendering Shadow. Vray to date has released version of Cinema 4D.
No comments:
Post a Comment